Mahasiswa Prodi Sekretari D3 FE UNY Belajar Table Manner dan Beauty Classs di Hotel Phoenix

Program Studi Sekretari D3 Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta ( FE UNY) Angkatan tahun  2014 menyelenggarakan Table manner dan Beauty class Minggu (11/12)  di Hotel Phoenix Yogyakarta. “Kegiatan ini untuk memenuhi tugas akhir dalam mata kuliah Event Organizer pada semester lima yang dibimbing oleh Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma, M.Si. Acara tersebut didampingi pula oleh Kaprodi Administrasi Perkantoran Dra. Rosidah, M.Si”, ujar Chusnu saat membuka acara table manner.

Lanjut Chusnu, “rangkaian kegiatan ini diawali dengan demo kecantikan yang diberikan oleh Wardah Cosmetic. Peserta diberikan pengetahuan bagaimana cara  menggunakan make up natural untuk keseharian dan ke kantor. Berikutnya dilanjutkan dengan Table Manner. Acara  ini dimulai dengan pembukaan dari pihak Phoenix Hotel, dilanjutkan dengan Tour Hotel dengan mengelilingi beberapa ruangan seperti lobby, galery, meeting room, restaurant, swimming pool. Selanjutnya peserta diberikan pengetahuan tentang Public Relation yang disampaikan oleh PR Hotel Phoenix. Peserta juga diberikan demo dari pegawai hotel dalam menjalankan tugasnya seperti mengganti selimut dan alas tidur”.

Menurut Ketua Panitia Afifah Yuliawati, “memasuki acara inti, peserta mendapatkan demo masak dari Chef Hotel Phoenik yaitu memasak hidangan main course, chicken Cordon Bleu. Selesai masak, dilanjutkan dengan materi Table Manner. Materi ini meliputi maksud dan tujuan mengetahui Table Manner, jenis menu yang disajikan, peralatan yang digunakan dalam penataan meja, peralatan makan apa yang digunakan dalam table manner, table set up, serta hal lain yang diperhatikan dalam Table manner”.

Setelah itu, mahasiswa beserta dosen pembimbing melakukan prakterk Table Manner dari materi yang telah disampaikan sebelumnya, mulai dari tata cara makan hingga tata cara minum. Adapun urutan menu yang disajikan dalam Table Manner tersebut yaitu appetizer, kemudian soup, main course dan terakhir adalah dessert. Di puncak acara table manner, peserta diberikan demo juggling dari bartender Hotel Phoenix.

“Acara ini terselenggara tidak hanya dari kerjasama dari Wardah Cosmetic dan Hotel Phoenix, namun beberapa sponsor juga mendukung kegiatan ini diantaranya Adi TV, RRI Yogyakarta, Magenta FM, Kedai Digital, Kopma UNY, May Outfit, dan Warung  SS”, ujar Afifah. (Chusnu Syarifa )