Studi Banding Jurusan Pend. Administrasi Perkantoran FIS UNM ke FISE UNY

 Selamat datang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY), yang barangkali dalam waktu dekat tahun ini Fakultas Ekonomi (FE) UNY sudah berdiri sendiri sehingga kembali ke semula dari FISE ke FIS. Namun untuk Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FISE UNY masih binggung mau masuk ke Fakultas Ilmu Sosial atau Fakultas Ekonomi. Sedangkan Jurusan/Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang dan  Universitas Negeri Jakarta masuk di Fakultas Ekonomi. Memang dulunya Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNY masuk di Jurusan Pendidikan Dunia Usaha yang didalamnya ada Prodi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Administrasi Perkantoran yang nantinya lulusan jurusan tersebut dipersiapkan untuk menjadi Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelompok Bisnis dan Manajemen dan Sekolah Menengah lainnya. Sedangkan di Universitas Negeri Makasar (UNM) Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) masuk di Fakultas Ilmu Sosial, demikian prakata Pembantu Dekan II FISE UNY Dr. Sugiharsono, M.Si. saat menyambut kedatangan rombongan dari Jurusan PAP FIS UNM pada Kamis (10/3) di Ruang Ki Hajar Dewantara FISE UNY. Rombongan berjumlah 52 orang mahasiswa dan 2 Dosen Pendamping. Acara juga dihadiri Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi Sudaryanto, M.Si., Dosen Pendidikan Administrasi dan Perwakilan Mahasiswa Pendidikan Administrasi FISE UNY.

Jamaluddin, S.Pd. Dosen Pendamping Mahasiswa PAP FIS UNM mengatakan bahwa mulai Agustus 2010 Jurusan PAP FIS UNM telah diakui secara nasional karena telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional. Adapun tujuan kunjungan ke FISE UNY ini dalam rangka implementasi mata kuliah Kepariwisataan, mengetahui bagaimana kondisi perkuliahan Pendidikan Administrasi Perkantoran di FISE UNY, menjalin tali silaturrahmi dan bersosialisasi dengan civitas akademika.

Sedangkan menurut Nanan Ardiansah Ketua Rombongan Mahasiswa PAP FIS UNM, ”Saya sangat terkesan sekali dengan FISE UNY dari pertama kali masuk kampus ada 2 aspek yang diperoleh yaitu dari bentuk fisik; gedung megah, bersih dan tertata rapi. Bentuk non fisik seperti keramahtamahan, kehangatan dalam menyambut tamu sangat terjaga serta iklim pembelajaran dan akademik yang sangat kondusif”.

Selain itu, ”Sesama Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran kita tetap harus saling menjaga tali silaturrahmi sehingga komunikasi diantara kita tidak terputus dengan demikian kita bisa saling berbagi dan bekerjasama untuk kemajuan kita bersama”, pesan Nanan. (Isti)