SMK N 1 Pakis Aji Jepara Berkunjung ke Prodi P. ADP FE UNY

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (P. ADP FE UNY) kembali menerima kunjungan  pada tanggal 28 April 2015, dari SMK N 1 Pakis Aji Jepara. Rombongan terdiri atas 38 orang murid, didampingi empat orang guru. Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan , Bapak Joko Kumoro,M.Si dan Bapak Purwanto M.Pd.,M.M. Dilanjutkan sambutan oleh Ketua Jurusan  Administrasi Perkantoran SMK N 1 Pakis Aji Jepara, Yusuf Budiyanuar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tujuan mengunjungi Pend. ADP yakni menjalin silaturahmi antara SMK N 1 Pakis Jepara dengan Pend.ADP Fakultas Ekonomi UNY.

Acara diisi dengan pengenalan Jurusan Pend. ADP secara umum oleh Bapak Purwanto M.Pd.,M.M., yakni seputar fasilitas yang dimiliki oleh Pend. ADP, Lab Mengetik dan Lab Komputer. Lab Mengetik terdiri atas lab mengetik manual dan lab mengetik elektronik . Lab mengetik difungsikan secara maksimal karena hingga saat ini skill mengetik amat dibutuhkan. Sedangkan Lab komputer, difungsikan dalam 2 hal dimana programnya disesuaikan dengan keprodian, yaitu program kearsipan digital dan pengelolaan dokumen. Kegiatan kearsipan digital meliputi penyimpanan dalam softfile, pengidentifikasian, pengindex-an dengan coding dan disimpan ke dalam satu database. Hampir sama dengan pengelolaan arsip secara manual yang kurang lebih prosesnya adalah index, coding, agenda masuk di simpan kedalam suatu database.

Sesi selanjutnya yaitu acara tanya jawab. Seorang murid dari SMK N 1 Pakis Aji menanyakan tentang keterkaitan antara software simaya dan simadi dengan kearsipan. Software tersebut tidak ada keterkaitan dengan kearsipan, karena hanya dikembangkan sesuai kebutuhan dan masih terdapat kesulitan dalam proses penginstalan. Jadi, software simaya dan simadi hanya digunakan untuk pembelajaran. Pertanyaan penutup selanjutnya tentang jalur penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran selanjutnya. Proses penerimaan mahasiswa selama ini melalui 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Sesi tanya jawab ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan dilanjutkan dengan acara study tour mengunjungi lab Pend.Adm Perkantoran (Nadia)