Siswi SMK N 1 Kebumen Jajal Simulasi Perkantoran di Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY

Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali menerima kunjungan dari sekolah. Sabtu (28/2) lalu, SMK N 1 Kebumen berkesempatan melihat langsung fakultas termuda di UNY ini beserta beberapa laboratorium yang dimilikinya. Sebanyak 95 siswa dan guru pendamping SMK N 1 Kebumen yang dipimpin Ketua Rombongan Mohammad Mumfasil, S.Pd., M.Pd diterima oleh Sekretaris Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Purwanto, M.M., M.Pd., beserta beberapa dosen Pend. Adm. Perkantoran. Sebagaimana dipaparkan oleh ketua rombongan, kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari kompetensi keahlian bagi para siswa. Para siswa bisa mengenal langsung fakultas yang mungkin kelak menjadi tempat mereka melanjutkan studi.

Purwanto menjelaskan, FE menjadi fakultas terakhir yang lahir di UNY. “Embrionya sudah lahir sejak awal UNY lahir. Sementara itu, Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran menjadi yang terakhir bergabung di FE setelah sebelumnya sempat tertahan di Fakultas Ilmu Sosial,” ungkapnya.

Mumfasil yang juga alumnus UNY ini menjelaskan, jurusan Administrasi Perkantoran memiliki kompetensi yang penting dan bermanfaat saat berada di dunia kerja. “Keterampilan mengetik dan stenografi sangat membantu dalam pekerjaan saya. Meski saya tidak kuliah di jurusan ini, tetapi pelajaran stenografi yang saya dapat saat SMK dulu betul-betul berguna dalam membantu saya mencatat materi perkuliahan,” tuturnya.

“Dengan kunjungan ini, kami berharap bisa mengenalkan siswa dengan berbagai keterampilan dan peralatan modern yang digunakan dalam dunia usaha. Siswa juga menjadi lebih termotivasi untuk melanjutkan studinya di tingkat perguruan tinggi,” harap Wakil Kepala Sekolah bidang Kehumasan ini.

Didampingi beberapa mahasiswa dari jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran dan dosen pendamping, para siswa SMK N 1 Kebumen diberikan kesempatan mencoba langsung berbagai hal mengenai pengelolaan perkantoran di Laboratorium Simulasi Perkantoran, pengelolaan kearsipan digital di Laboratorium Komputer, serta peralatan-peralatan yang digunakan dalam perkantoran di Laboratorium Teknologi Perkantoran. (fadhli)