Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY Menyelenggarakan Program Diklat Manajemen Laboratorium

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Diklat Manajemen Laboratorium bagi guru-guru dari SMK Negeri 1 Purworejo tanggal 4 Juni 2015. Latar Belakang program pengabdian pada masyarakat bidang laboratorium ini adalah  diindikasikan bahwa penentu kebijakan dalam hal ini pemerintah belum fokus dan serius dalam penataan sarana dan prasarana pendidikan khususnya masalah laboratorium. Padahal laboratorium merupakan sarana pembelajaran praktik yang memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran praktik di Laboratorium bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Keberhasilan pembelajaran praktik di Laboratorium sangat dipengaruhi oleh berbagai  faktor diantaranya adalah kelengkapan sarana dan prasarana, peralatan di laboratorium, sumber daya manusia dan manajemen. Banyak Laboratorium tidak dapat berfungsi secara optimal dikarenakan oleh kurang baiknya manajemen. 

Upaya untuk menjamin bahwa peralatan dan bahan yang ada di Laboratorium siap pakai setiap saat, dibutuhkan pengelolaan, perawatan dan perencanaan yang baik. Usaha untuk mewujudkan hal di atas diperlukan Pengelola laboratorium, Kepala Laboratorium dan teknisi/laboran yang kompeten dan mempunyai pemahaman dan pengalaman dalam bidang manajemen Laboratorium. Permasalahan yang ada saat ini adalah sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi manajemen Laboratorium jumlahnya terbatas dan bahkan sangat minim.

Kajur Pendidikan Administrasi, merangkap sebagai Kaprodi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Drs. Joko Kumoro, M.Si. mengatakan bahwa program diklat laboratorium jangan sampai disalah artikan atau diplintir semata-mata untuk kepentingan pemenuhan beban mengajar bagi para guru. Beliau menegaskan diindikasikan bahwa pengelola/manajemen laboratorium di sekolah-sekolah belum dilakukan secara profesional sesuai standar baku dalam membentuk kompetensi lulusannya sesuai dengan ciri keprodian yang ada di sekolah-sekolah.  

Sementara Koordinator Bidang Diklat Drs. Purwanto, M.M., M.Pd. menyatakan bahwa; diklat ini mempunyai peranan penting bahwa diklat ini bertujuan untuk: 1) menyiapkan peserta diklat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional bidang administrasi perkantoran. 2) menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan (hardskill dan softskill) bidang administrasi perkantoran. 3) mendukung pembangunan masyarakat madani. 4) mencapai keunggulan kompetitif  melalui penerapan prinsip-prinsip pengelolaan laboratorium dan sumber daya manusia sesuai dengan asas pengelolaan yang profesional.

 

Instruktur Diklat Manajemen Laboratorium Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY saat ini adalah:

Penanggung jawab                                         : Drs. Joko Kumoro, M.Si.

Koordinator Diklat                                           : Drs. Purwanto, M.M., M.Pd.

Instruktur:

Bidang manajemen lab                                  : Drs. Joko Kumoro, M.Si.

Bidang Teknologi Mesin-Mesin Kantor        : Drs. Purwanto, M.M., M.Pd.

Bidang Simulasi Perkantoran                       : Siti Umi Khayatun M., M.Pd./Drs. Joko Kumoro, M.Si.

Bidang Kearsipan Digital                                : Arwan Nur Ramadhan, M.Pd./Drs. Purwanto, M.M., M.Pd.

Laboran                                                              : Isti Kistiningsih, S.Pd.                                                                  

(ed. purwanto)