PROGRAM PERCEPATAN STUDI PRODI P.ADP

Tugas akhir (TA) adalah karya tulis ilmiah mahasiswa, yang merupakan kulminasi proses berpikir ilmiah sesuai dengan disiplin ilmunya, yang disusun untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar sesuai dengan jenjangnya (Pedoman Penulisan TA UNY, 2011).  Tugas akhir S1 berbentuk Tugas Akhir Skripsi (TAS), Tugas Akhir Bukan Skripsi (TABS), dan Projek Akhir.

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran menyelenggarakan Seminar TAS untuk mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 dan PKS (Pendidikan Kelanjutan Studi) angkatan 2011 di Ruang Auditorium FE UNY pada Sabtu 15 Juni 2013.

Acara tersebut dibuka oleh Kaprodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Joko Kumoro, M.Si.  Penyampaian materi oleh dua Nara Sumber yaitu Suranto, M.Pd. M.Si. dan Djihad Hisyam, M.Pd.

Penyusunan dan penulisan skripsi berfungsi sebagai penelitian dan pengembangan, yakni upaya memecahkan suatu masalah secara ilmiah dan objektif sehingga membuahkan bermacam-macam gagasan kreatif sesuai dengan bidang spesialisasi Pendidikan Administrasi Perkantoran.  Materi tersebut disampaikan oleh Suranto.  Sedangkan Djihad mengatakan bahwa Administratif yakni produk ilmiah yang dapat dikomunikasikan kepada umum melalui media tertentu dan sekaligus menunjukkan bidang keahlian seorang sarjana yang mungkin kelak berguna dalam kaitannya dengan penempatan dalam bidang pekerjaan bagi seorang lulusan perguruan tinggi.

para mahasiswa yang akan menempuh ujian sidang kesarjanaan hendaknya menyadari bahwa penulisan skripsi memiliki tujuan tertentu secara akademik. dengan kesadaran ini hendaknya mahasiswa melakukan kegiatannya dengan sungguh-sungguh berpijak pada objektifitas dan ilmiah serta kemandirian dan kematangan sebagai calon sarjana. dengan demikian, dapat berusaha memelihara mutu karyanya sebagai ciri khas keahlian dan kemampuannya.
jika mahasiswa itu sudah sampai pada tingkat kesadaran mutu tersebut mata tidak perlu disangsikan bahwa karya tersebut "asal dibuat" atau "asal selesai", dan tidak mempercayakan pembuatan dan penulisannya kepada orang lain, Joko Kumoro saat membuka acara tersebut. (Fn)