PELATIHAN PERCEPATAN TUGAS AKHIR SKRIPSI MAHASISWA 2015

Skripsi atau tugas akhir merupakan penulisan karya ilmiah yang berisi hasil penelitian menyeluruh yang disusun secara sistematis berdasarkan ketentuan metode penelitian ilmiah. Penulisan skripsi dimaksudkan sebagai sarana pelatihan bagi mahasiswa untuk menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk karya ilmiah. Ada tiga komponen pokok tujuan penulisan skripsi yaitu untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah sesuai topik di program studi masing-masing, untuk menilai keterampilan mahasiswa dalam menerapkan metode penelitian secara benar, dan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam melakukan penalaran secara logis. 

Dalam proses penyusunan skripsi, mahasiswa membutuhkan dosen pembimbing. Tugas dosen pembimbing skripsi secara umum adalah membantu mahasiswa merumuskan permasalahan skripsi dan mengarahkan mahasiswa dalam hal metodologi penelitian ilmiah. Berdasarkan riset, ditemukan banyak sebab mahasiswa terlambat lulus, yaitu kurangnya kegigihan dan kepedulian untuk fokus menyelesaikan tugas akhir skripsi, serta kurangnya informasi mendalam terkait sistematika penulisan skripsi.  Hal inilah yang mendasari diselenggarakannya pelatihan percepatan tugas akhir skripsi mahasiswa Pendididkan Adm. Perkantoran pada Jum’at, 27 Maret 2015, bertempat di ruang ramah tamah Fakultas Ekonomi UNY.

Acara diikuti oleh kurang lebih 104 peserta , terdiri dari mahasiswa semester 6 dan dosen pendamping Pendidikan Administrasi Perkantoran serta panitia. Narasumber oleh Bapak Joko Kumoro, M.Si dan Bapak Sutirman, M.Pd yang dimoderatori oleh Ibu Rosidah ,M.Si

Menurut Bapak Joko Kumoro, M.Si.  , salah satu komponen penting dalam pemilihan judul skripsi yaitu pembatasan masalah. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi di lapangan. Mahasiswa harus dilatih mengembangkan kerangka berpikir sistematis dalam penyusunan tugas akhir yaitu menemukan masalah terlebih dahulu di tempat penelitian , baru menentukan judul penelitian. Selama ini, pola pikir mahasiswa adalah sebaliknya, menentukan judul dahulu tanpa mengidentifikasi masalah sesungguhnya yang terjadi di lapangan. Akibatnya, mahasiswa terpaksa merekayasa permasalahan yang sebenarnya tidak pernah terjadi di lapangan.

Bapak Sutirman, M.Pd. , memberikan 'suntikan' motivasi kepada mahasiswa dengan berpesan kepada bahwa "tugas akhir itu bukan untuk dipikirkan, tetapi untuk dikerjakan". Mahasiswa memang membutuhkan motivasi dan dorongan terus menerus secara intens, karena motivasi merupakan salah satu penggerak eksternal terpenting agar mereka tersadarkan untuk segera menyelesaikan tugas akhir.

Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan nantinya mahasiswa mampu menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan lancar dan tepat waktu. Mahasiswa mendapatkan tugas  mengumpulkan usulan judul tugas akhir skripsi paling lambat tanggal 27 April 2015 secara hard file secara kolektif dan diwajibkan mengisikan formulir secara online melalui link isian berikut ini (nadia)