MARINI, JUARA II LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KEARSIPAN TINGKAT NASIONAL

Satu lagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang membawa nama harum almamater di tingkat nasional. Adalah Marini, mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015 yang berhasil meraih Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan di Universitas Gadjah Mada, Rabu (10/5) kemarin.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan yang pada tahun ini mengusung tema “Profesi Kearsipan Tantangan di Era Informasi” merupakan rangkaian acara dalam rangka ulang tahun Program Studi Kearsipan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada berupa kompetisi karya tulis ilmiah kearsipan yang diikuti oeh mahasiswa aktif S1 dan Diploma se-Indonesia. Dari 49 karya yang masuk ke panitia, terpilih Juara I Fitriana Huda Erfani (D3 Kearsipan UGM 2014), Juara II Marini (S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY 2015), dan Juara III Kevin Brizzi (D3 Manajemen Informasi dan Dokumen UI 2015).

Sebelum penyerahan hadiah, peraih nilai Ujian Nasional tertinggi di Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 1 Godean Sleman tahun pelajaran 2014/2015 ini turut diundang menjadi peserta Seminar Nasional Kearsipan di Auditorium Pascasarjana UGM. Masih dengan tema yang sama, Dr. Mustari Irawan, M.P.A. (Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia), Muhamad Masrofi, S.Sos., M.Si. (Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah), dan Drs. Machmoed Effendhie, M.Hum. (Dosen Kearsipan UGM) yang didapuk menjadi pembicara.

“Menjadi satu-satunya pemenang yang tidak berasal dari program studi kearsipan dan mampu bersanding dengan universitas-universitas ternama di Indonesia seperti UGM dan UI merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Saya berharap ini dapat memotivasi mahasiswa UNY pada umumnya dan prodi P. ADP pada khususnya untuk lebih berani menunjukkan kompetensi yang dimiliki ke lebih banyak lagi perlombaan yang ada” Ujar Marini.

Sebagai Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan 2017, Marini berhak atas sertifikat, trofi, dan hardisk eksternal 1 TB. Hadiah diserahkan oleh Waluyo, S.S., M.Hum. selaku Ketua Program Studi Kearsipan sekaligus Ketua Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada. Mahasiswa yang bercita-cita menjadi Guru SMK ini berharap kelak dapat mengamalkan ilmu dan pengalaman yang didapat selama di perguruan tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat khususnya di daerah tempatnya berasal, Kulon Progo. (chusnu)