Kunjungan SMK Pancasila 6 Jatisrono Wonogiri ke Laboratorium Prodi P. ADP FE UNY

Sejumlah 80 siswa beserta guru pendamping dari SMK Pancasila 6 Jatisrono, Wonogiri mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Selasa (28/2) belum lama ini. Sekolah yang berdiri pada 1985 ini berkunjung ke FE UNY guna mengetahui lebih lanjut dunia perkuliahan secara umum dan seputar jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran di FE UNY secara khusus. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan I FE UNY, Prof. Sukirno, Ph.D. serta beberapa dosen di lingkungan jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY.

Dalam sambutannya, Sukirno menyatakan bahwa FE UNY berkembang terus menerus. “Meskipun usianya yang paling muda, tetapi laboratorium di sini sudah lengkap. Bahkan, laboratorium-laboratorium yang dimiliki Pendidikan Administrasi Perkantoran mungkin salah satu yang terbaik di Indonesia,” terangnya.

“Di UNY juga terdapat Program Studi (Prodi) S-2 Pendidikan Ekonomi, dan sebentar lagi akan dibuka S-1 Ekonomi Islam, S-2 Manajemen, dan S-3 Ilmu Ekonomi Pendidikan. Dalam menerima mahasiswa melalui jalur prestasi, prestasi apapun itu, baik juara tari, debat, hafal Al Quran, bisa dipakai sebagai bahan untuk masuk UNY,” tambah Guru Besar FE UNY ini.

Wakil dari SMK Pancasila 6 Jatisrono yang juga Ketua Prodi Administrasi Perkantoran di sekolah tersebut, Lena Dwisepteri, S.Pd. menyampaikan harapannya agar kunjungan ini bisa bermanfaat bagi kedua pihak. “Semoga para siswa bisa sebanyak-banyaknya mengambil pelajaran dari FE UNY. Kami harap kerja sama ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” ujar Lena.

Sekretaris Jurusan P. Adm. Perkantoran FE UNY, Muslikhah Dwihartanti, M.Pd.  memaparkan beberapa hal mengenai jurusan secara umum. “Di FE UNY, lulusan Pendidikan Administrasi Perkantoran tidak hanya diharapkan menjadi seorang guru Administrasi Perkantoran yang baik. Akan tetapi juga siap menjadi manajer, tenaga laboran, atau praktisi MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition),” urainya.

Didampingi para dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan(PLP) / laboran, para siswa juga berkunjung dan menjalani sebagian kecil praktik perkuliahan di beberapa laboratorium. Laboratorium yang dipakai untuk praktik di antaranya adalah Lab. Simulasi Perkantoran, Lab. Teknologi Perkantoran, Lab. Mengetik, dan Lab. Komputer/Kearsipan Digital. (fadhli)