Kunjungan SMK N 1 Indramayu ke Prodi P.ADP FE UNY

Sebanyak lebih dari 200 siswa SMK N 1 Indramayu berkunjung ke Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1) Fakultas Ekonomi (FE) UNY belum lama ini. Rombongan yang terdiri dari siswa program keahlian Akuntansi dan Administrasi Perkantoran ini dipimpin oleh Dra. H. Tuti Indriati, MM serta didampingi beberapa guru. Selain mengenalkan  dunia kampus pada para siswa, kunjungan ini juga untuk mempelajari beberapa kegiatan praktik di laboratorium yang dimiliki FE UNY. Rombongan diterima Wakil Dekan I Prof. Sukirno, PhD dan beberapa dosen di Jurusan Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY.

Dalam sambutannya, Sukirno mengatakan bahwa FE UNY mendidik mahasiswa yang terbaik. “Dengan animo yang merupakan salah satu yang terbesar di UNY, FE UNY tentu berisi para siswa terbaik yang terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Selain kelas reguler, FE UNY juga memiliki kelas unggulan yang meluluskan tenaga profesional di bidang pendidikan guna memenuhi tuntutan global,” terangnya.

Senada dengan itu, Tuti Indriati mewakili SMK N 1 Indramayu berharap para siswa bisa mengambil pelajaran dari kunjungan ini. “Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah berlaku di tahun ini tentu tidak boleh diremehkan. Lulusan SMK akan dituntut untuk makin mandiri, jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri,” pesan Tuti.

Dalam pemaparan jurusan, dosen jurusan Pendidikan Akuntansi Arief Zulianto S., M.Sc menjelaskan bahwa Jurusan Pendidikan Akuntansi tidak hanya meluluskan seorang calon guru di bidang Pendidikan Akuntansi, tetapi juga calon profesional di bidang akuntansi. “Selain menjadi akuntan profesional, lulusan juga bisa mendirikan sendiri Kantor Akuntan Publiknya, atau menjadi tenaga auditor profesional. Untuk itu, kami memiliki laboratorium Auditing serta menjalin kerjasama dengan berbagai Kantor Akuntan Publik,” ungkapnya.

Para siswa juga diajak untuk mengetahui berbagai laboratorium yang terdapat di FE UNY. Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran Arwan Nur Ramadhan, M.Pd mendampingi para siswa dalam mengenal Laboratorium Komputer dan Kearsipan Digital. Selain itu, para guru dan siswa juga mempelajari berbagai peralatan dan teknologi perkantoran di Laboratorium Teknologi Perkantoran. (fadhli)