Kunjungan SMK N 1 Bunga Mayang OKU Timur ke Prodi P. ADP FE UNY

Sebanyak 120 siswa beserta guru dari SMK Negeri 1 Bunga Mayang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (4/11). Rombongan terdiri dari siswa kelas XII Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Multimedia. Kunjungan ini ditujukan sebagai sarana pengenalan dunia kampus bagi para siswa, dan juga saling berbagi informasi bermanfaat antara kedua pihak. Rombongan SMK ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Suryadi, S.Pd serta beberapa guru pendamping. FE UNY melalui Dekan Dr Sugiharsono, M.Si serta Sekretaris Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Purwanto, M.M., M.Pd memberikan sambutannya di Ruang Auditorium FE UNY.

Dengan adanya kunjungan ini, siswa bisa mengetahui secara langsung suasana kampus UNY, dan diharapkan menjadi tambahan motivasi bagi mereka untuk melanjutkan studi. “Kami ajak para siswa ke Yogyakarta agar mereka semakin bertambah wawasan, pengetahuan, dan pengalamannya. Yogyakarta dan UNY tidak asing bagi kami. Cukup banyak remaja yang melanjutkan studinya di Yogyakarta dan terutama UNY,” kata Suryadi.
“Selama setahun terakhir ini, FE UNY khususnya Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran memang cukup sering mendapat kunjungan dari sekolah di daerah Sumatera Selatan. Kami berharap alumni UNY bisa berkiprah lebih banyak lagi di daerah ini, dan tentu di daerah-daerah lainnya,” timpal Purwanto.

Seluruh siswa diajak mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di jurusan Pend. Adm. Perkantoran, mulai dari Laboratorium Simulasi Perkantoran, hingga Laboratorium Kearsipan Digital. Di Laboratorium Kearsipan Digital, bersama dosen pembimbing Arwan Nur Ramadhan, M.Pd., siswa mempelajari langsung proses pengarsipan surat-surat secara digital.
“Dengan kearsipan digital, seorang pimpinan bisa menerima, membaca, kemudian memberikan disposisi surat-surat yang masuk, di manapun pimpinan tersebut berada,” terang Arwan.

Sementara itu, di ruang Laboratorium Teknologi Perkantoran, siswa dibimbing Laboran Isti Kistiananingsih, S.Pd., mengenali berbagai peralatan perkantoran seperti mesin binding, mesin laminating, cash register, dll. (fadhli)