Dosen Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Melakukan Pengabdian Pada Masyarakat di Kampoeng Emas Plumbungan

Tim Pengabdi dari Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Dusun Plumbungan, Putat, Patuk, Gunungkidul. Tim pengabdi tersebut terdiri dari Bapak Drs. Purwanto, M.M., M.Pd. sebagai ketua tim pengabdi dan terdiri dari 3 anggota dosen yaitu Ibu Siti Umi Khayatun Mardiyah, M.Pd., Bapak Arwan Nur Ramadhan, M.Pd., dan Ibu Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma, M.Si. dan 2 anggota mahasiswa yaitu Linda Andriani dan Beni Mulyadi.

Dusun Plumbungan terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi di sekitar Desa Wisata Kerajinan Topeng dan Gunung Api Purba Nglangeran yang sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani. Karakter kehidupan gotong royong masyarakat masih sangat kental dan kuat. Hamparan lahan sebagian besar berupa sawah pertanian. Kehidupan sosial antar warga sangat rukun, damai dan didukung lingkungan yang aman. Generasi muda memiliki kemauan dan motivasi yang tinggi untuk mengembangkan daerah tempat tinggal. Adanya berbagai daya dukung yang potensial, maka Dusun Plumbungan dapat dikembangkan menjadi dusun wisata alam tanpa meninggalkan nilai-nilai kehidupan yang ada.

Kegiatan PPM dilaksanakan mulai tanggal 24 September 2016 yang diawali dengan memberikan teori dan konsep tentang administrasi desa wisata. Kegiatan PPM diawali dengan sambutan dari ketua tim pengabdi yang menyampaikan maksud dan tujuan datang ke kampoeng emas plumbungan, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala Desa Plumbungan yang diwakili oleh Ketua Pokdarwis desa plumbungan, Bapak Sutarto yang menyampaikan bahwa kegiatan PPM semacam ini sangat membantu dan sangat dibutuhkan untuk pengembangan desa wisata plumbungan. Acara selanjutnya disampaikan Materi PPM sebagai berikut: 1) Manajemen adminsitrasi dan pembukuan dalam pengembangan usaha desa wisata; 2) Konsep dan sistem administrasi bisnis dan usaha; 3) Menggali potensi dan memberikan pelayanan prima  sebagai strategi pemasaran di desa wisata. Materi manajemen adminsitrasi dan pembukuan dalam pengembangan usaha desa wisata disampaikan oleh Bapak Drs. Purwanto, M.M., M.Pd. Materi Konsep sistem administrasi bisnis dan usaha disampaikan oleh Ibu Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma, M.Si. dan Materi menggali potensi dan memberikan pelayanan prima  sebagai strategi pemasaran di desa wisata disampaikan oleh Bapak Arwan Nur Ramadhan, M.Pd. Kolaborasi materi tersebut disampaikan kepada 25 peserta PPM dari Dusun Plumbungan, Putat,  Patuk, Gunungkidul.  Antusiasme peserta sangat tinggi dilihat dari kehadiran dan keaktifan selama pelaksanaan dan pendampingan kegiatan PPM. Pada akhir sesi kegiatan PPM, ketua PPM memberikan kenang-kenangan beberapa contoh form yang diperlukan untuk mengelola administrasi desa wisata tersebut. Form yang disampaikan antara lain: buku kas masuk, buku kas keluar, kwitansi, nota, dan beberapa form lainnya.

Sesi ramah-tamah dilanjutkan dengan makan siang bersama. Makan siang dengan makanan khas desa wisata kuliner kampoeng emas plumbungan yaitu "Berkah Dalem".  Wisaya kuliner andalan desa wisata plumbungan adalah “Brekat Dalem” yang terdiri dari sompil, peyek teri, wedang sere, wedang Plumbungan, teh poci, atau minuman mineral dalam  kendi. “Berkat Dalem” biasa dihidangkan dalam acara Bersih Desa dan upacara tradisi lokal lainnya. Makanan khas berupa ingkung ayam kampung Jawa, sayuran, lauk pauk, nasi gurih (nasi uduk) disajikan dengan sarang terbuat dari janur (daun kelapa) di sebuah gubug sederhana di tengah sawah.