DFD EO P. PADP 2016 menampilkan Pentas Teater Ken Arok sebagai Sarana Nguri-Uri Kabudayan Jawi

DFD atau December Fantastic Day merupakan event organizer yang terbentuk dari sebuah mata kuliah management event. DFD ini mengangkat sebuah tema kebudayaan dengan menumbuhkan jiwa apresiatif masyarakat melalui pementasan budaya tradisi jawa yaitu kethoprak. Kethoprak merupakan kesenian tradisi Jawa yang kian lama kian ditinggalkan. Padahal kethoprak ini merupakan seni yang dijadikan untuk menyampaikan pesan moral kehidupan.

DFD pada 21 Desember 2017 menyelenggarakan sebuah pentas teater Ken Arok di Taman Budaya Yogyakarta. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Rr Chusnu Syarifa Diah Kusuma., S.A.B., M.Si selaku dosen mata kuliah Management Event. Pementasan ini sendiri di isi oleh Generasi Kethoprak Gunung Kidul yang sudah professional dalam hal teater dan telah melanglang buana selama tiga tahun. Dibalik suksesnya pementasan teater tersebut ada tim DFD yang bekerja tiap saat untuk persiapan serta Pak Wening Susilo dkk sebagai tim produksi, sebagai tim yang mengawasi setiap perkembangan persiapan pementasan tersebut.

Dan, Mengapa mengambil kisah Ken Arok?. “Ken Arok adalah seorang Raja Singosari Sri Rajasa Sang Amurwabhumi yang memiliki karakter sama seperti manusia di masa kini. Seorang pemimpin kerajaan yang latar belakangnya adalah seorang berandalan. Bagaimana Ken Arok itu sebenarnya, seorang pemimpin yang harus dibenci atau dipujikah dia?. Meskipun Ken Arok memiliki rapor merah dalam kisah hidupnya, namun sebagai seorang Raja ia mampu melahirkan raja-raja besar di pulau Jawa. Ia juga mampu memenangkan sebuah peperangan dengan strategi yang jitu.” Ujar Yohana, selaku humas.

“Dari pementasan ini DFD berharap bahwa para penonoton dapat mengambil pelajaran dari kisah tersebut. Terutama bagi para mahasiswa yang nantinya diharapkan bisa menjadi pionir bangsa Indonesia. Melalui pementasan ini juga DFD berharap agar para mahasiswa dan masyarakat pada umumnya tidak melupakan dan tetap nguri-nguri kabudayan jawi.” Riris, selaku Ketua Event Organizer DFD menambahkan.(Lia/Cs)

Kajur Pendidikan Administrasi, Joko Kumoro menyerahkan kenang-kenangan kepada Generasi Kethoprak Gunung Kidul

DFD Eo bersama dosen Pendidikan Administrasi FE UNY

Salah satu adegan dalam pementasan Ken Arok

Para Pemain, tim produksi, dan DFD Eo Ken Arok