BONAFEST ! BENTUK APRESIASI MAHASISWA P. ADP UNTUK “ART, CULTURE & SOCIOPRENEUR”

BONAFEST merupakan event yang diselenggarakan oleh program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran 2015 sebagai bentuk tugas akhir mata kuliah Manajemen Event. BONAFEST 2016 berlangsung selama satu hari penuh (22/12) bertempat di Auditorium UNY dengan mengangkat tema “Art, Culture, & Sociopreneur”. Acara ini terdiri dari serangkaian talkshow dan berbagai macam lomba. Untuk talkshow, panitia mendatangkan pembicara dari seorang businessman bernama Ardhi Setyo Putranto; owner Banana Queen. Dan untuk lomba itu sendiri terdiri dari Lomba Desain, Lomba Make Up Karakter, Lomba Tari Kreasi Tradisional dan Lomba Fashion Show. Selain itu, BONAFEST juga menyediakan 20 stand bazaar berupa macam-macam stand makanan dan minuman.

Perlombaan yang diadakan pada acara BONAFEST ini ditujukan untuk masyarakat umum. Sehingga peserta lomba bukan hanya dari anak-anak sekolah saja, tetapi juga dari mahasiswa dan beberapa para pekerja atau karyawan. Dan sesuai dengan tema acara ini, lomba-lomba tersebut juga mengusung tema yang berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan. Misalnya, tema dari lomba make up karakter yaitu “Make Culture As Your Character”.

Pemenang lomba-lomba tersebut tentu juga dari berbagai kalangan, usia, dan berbagai daerah. Lomba Desain dimenangkan oleh Fajar Fitriyani (I), Zianasti Krisjayusman (II), Zukhalia Noor Failasufa (III). Lomba Make Up Karakter dimenangkan oleh Asrifa Sakinah (I), Riana Kumalasari (II), dan Evita Rahmawati (III). Untuk Lomba Tari Kreasi Tradisional dimenangkan oleh grup Sanggar Sekar Rinonce (I), group Extrada SMA N 2 Jombang (II), dan group Nursing Dance Club UMY (III). Dan yang terakhir, Lomba Fashion Show dimenangkan oleh  Zalika Salma Ramadhani (I), Madya Birawa Suprapto (II), Nastiti Lintang Kinasih (III), Defani Ayuning Larasati (Best Make Up), Endah Rosita Tofani (Best Costume), Ismi Tri Wahyuni (Best Catwalk), dan Dini Chaerunisa (Top Model).

Dalam mendukung acara ini, panitia BONAFEST juga bekerjasama dengan Mahasiswa Program Studi D3 Tata Rias Kecantikan, Fakultas Teknik UNY. Panitia menyediakan tempat dan waktu kepada mereka untuk menampilkan sebuah drama berjudul Keong Emas, yang merupakan tugas akhir mereka. Drama ini ditampilkan sebagai selingan dari serangkaian lomba sebelum lomba Fashion Show dimulai, dan penampilan mereka berhasil mendapat apresiasi dari penonton.

 BONAFEST 2016 juga menampilkan beberapa pengisi acara baik yang berasal dari pihak dalam (Mahasiswa FE UNY) maupun pihak luar untuk menghibur pengunjung. Pengisi dari dalam ada dari mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Komunitas Musik FE UNY. Sedangkan pengisi acara dari luar, yang mana ditampilkan pada saat malam puncak ada dari Jendela Band dan Gamelawan juga mampu memeriahkan suasana. Dan acara puncak BONAFEST 2016 ditutup dengan penampilan dari DJ Wisnan.

Acara BONAFEST, meskipun baru diadakan pertama kali namun dapat dikatakan berhasil. Acara ini juga mendapat respon positif dari berbagai pihak. “Menjadi bagian dari BONAFEST itu menyenangkan. Walaupun kita semua merasa capek mengatur semua hal, baik dari persiapan hingga jalannya acara, namun karena kita teman dekat maka semua bisa dilakukan dengan mudah dan kita bisa bekerjasama dengan mudah juga.”, tutur Andrian Eko Susanto, Ketua Panitia BONAFEST, saat ditanya mengenai kesan untuk acara BONAFEST 2016. “Dan kami selaku panitia BONAFEST 2016 mengucapkan terimakasih kepada media patner kita (RRI dan Magenta Radio) dan juga untuk pihak sponsor Navagreen, Starcross, Roemi, anyway, movie box, elita, BRI, cabe kacang, Mr. Teto, Kopma UNY, Zupparela, English Cafe, Print Shop, Bowling, Reisa garage, yang telah mendukung acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar.”, tambahnya. (susi)//)